BMKG: Waspadai Hujan Lebat, Banjir, dan Longsor di Sumatera Utara

waspadai hujan, banjir, dan tanah longsor

topmetro.news – BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) Sumut meminta warga mewaspadai hujan, banjir, dan tanah longsor, yang kemungkinan bisa terjadi pada Hari Sabtu, 30 Oktober 2021 hingga Minggu, 31 Oktober 2021.

Peringatan dini itu dikeluarkan BMKG Sumut dalam prakiraan cuaca yang mereka lansir di situs resmi, Jumat (29/10/2021).

“Waspada hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah pantai timur, lereng timur, pegunungan dan Pantai Barat Sumatera Utara, yang dapat menyebabkan banjir, longsor, dan angin kencang,” sebut BMKG Sumut dalam situs resminya.

Menurut prediksi BMKG, beberapa daerah yang kemungkinan diguyur hujan lebat adalah, Doloksanggul, Pandan, Salak, Sibolga, Sibuhuan, Sidikalang, dan Tarutung. Lalu ada beberapa wilayah akan mengalami hujan disertai petir, antara lain, Binjai Kota, Kisaran, Kotapinang, Limapuluh, Lubukpakam, Kota Medan, Rantauprapat, Sei Rampah, Stabat, Tanjungbalai, dan Tebingtinggi.

Selain peringatan soal kemungkinan hujan lebat, banjir, dan longsor, BMKG Sumut juga melansir prakiraan suhu udara pada beberapa wilayah di Sumut. Di mana pada umumnya diprediksi tidak terlalu panas di dataran rendah seperti Medan, Kisaran, Gunungsitoli, Rantauprapat, dan lainnya. Untuk kawasan ini, suhu tertinggi diprediksi 33 derajat Celcius.

Kemudian kawasan seperti Kabanjahe, Pangururan, Balige, Doloksanggul, Tarutung, dan lainnya, menurut prediksi BMKG Sumut akan sejuk mengarah dingin. Di mana untuk wilayah ini diprediksi suhu terendah mencapai 15 derajat Celcius.

reporter | Jeremi Taran

Related posts

Leave a Comment